Thursday, March 14, 2013

Gunung Roraima

Gunung Roraima adalah gunung berpuncak datar atau yang disebut dengan nama Plateau yang berada di Venezuela. Gunung ini ditemukan pada tahun 1596 oleh penjelajah berkebangsaan Inggris yang bernama Sir Walter Raleigh. Gunung ini adalah yang tertinggi dari barisan pegunungan puncak datar Pakaraima. Dengan ketinggian sekitar 2.810 m.

File:Roraima3 (79).JPG

Formasi batuan pada gunung ini diduga adalah formasi batuan tertuan di bumi. diperkirakan sekitar 2 miliar tahu lalu pada era Prakambrium.

Formasi batuan di puncak Roraima

Membicarakan tentang flora dan fauna yang berada di Gunung Roraima, Roraima sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna di ekosistem tersebut, sebagai contoh tanaman kantong semar, Ulticularia campbelliana, berbagai macam semak dan perdu.
dan juga fauna yang terdapat pada ekosistem ini contohnya adalah Oreophrynella quelchii.

 
Vegetasi di puncak Gunung Roraima

Di puncak gunung ini juga selalu hujan sepanjang tahun. Karena batuan di gunung ini hampir tidak dapat menyerap air, maka di puncak gunung ini juga bisa ada kolam jacuzzi alami.

Kolam jacuzzi alami di puncak Roraima

Karena ekosistem di puncak gunung ini sangat unik dan terdapat berbagai jenis spesies flora dan fauna yang langka yang tidak dapat ditemukan di belahan dunia lain. dan keadaan alam puncak gunung yang sangat unik, maka tidak heran kalau gunung ini menapat julikan "dunia yang hilang."

No comments:

Post a Comment